Home / Umum / UPGRADING GURU SMP ZAINUL HASAN 1 DENGAN WORKSHOP PEMBUATAN E-MODUL

UPGRADING GURU SMP ZAINUL HASAN 1 DENGAN WORKSHOP PEMBUATAN E-MODUL

Genggong, SMP Zainul Hasan 1 Tekhnologi Informasi dalam pendidikan semakin berkembang kedepannya. Dewan asatidz SMP Zainul Hasan 1 Genggong siap menghadapi tantangan tersebut melalui workshop pembuatan e-modul. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari tanggal 10-11 Nopember 2021 di ruang guru. Diikuti Seluruh dewan asatidz SMP Zainul Hasan 1 Genggong yang berjumlah lima puluh empat guru. Sedangkan materi pelatihan disampaikan oleh Bapak pengawas subrayon 06 yaitu Bapak Drs.Widiarto.

Kegiatan workshop pembuatan e-modul dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang merupakan salah satu program kerja Waka bidang kurikulum.

Workshop pembuatan e-modul diselenggarakan selama dua hari. Hari pertama ditekankan pada materi pembuatan modul bahan ajar mata pelajaran yang hasil akhir diwujudkan dalam bentuk PDF. Hari kedua yaitu keterampilan membuat e-modul menggunakan aplikasi flip PDF corporate 2.4.10.3. Yang mana hasil tampilannya berupa buku digital lengkap dengan tampilan gambar maupun video pembelajaran.

E-modul merupakan media yang sangat efektif untuk pembelajaran daring (dalam jaringan), mengingat saat ini pembelajaran di sekolah masih belum sepenuhnya tatap muka. Di dalam e-modul tersebut bisa menampilkan video pembelajaran dengan satu kali klik. Pada intinya e-modul ini sangat membantu siswa dalam belajar mandiri di rumah maupun di kelas.

Awalnya peserta dibuat kelompok kecil berdasarkan mata pelajaran yang diampu. Misalnya tim IPA terdiri dari lima guru, IPS terdiri dari empat guru dan seterusnya. Kemudian tim tersebut bekerja sama menyelesaikan tugas dari pemateri berdasarkan mata pelajaran masing-masing.

Selain itu, dewan asatidz juga diberi gizi otak dalam membuat quis sebagai bentuk latihan dan evaluasi yang bisa dikerjakan siswa usai pembelajaran.

Bapak Widi menjelaskan dengan baik dan runtut. Cara penyampaiannya jelas menunjukkan kepandaiannya dalam bidang IT. Beliau dengan sabar membimbing para guru sampai bisa.

Sebagai output dari kegiatan workshop adalah setiap guru sudah membuat e-modul sesuai mata pelajaran masing-masing. Kemudian nantinya bisa dishare kepada siswa saat pembelajaran secara daring, sebagai bekal siswa untuk belajar mandiri maupun di kelas.

Dengan adanya pelatihan ini, para pendidik pada tahun ajaran baru sudah siap memiliki e-modul maupun perangkat pembelajaran yang lengkap.

Penulis: @vidyafirdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.