Home / Kegiatan / SAMBUT SANTRI HARI PERTAMA MASUK TAHUN PELAJARAN 2019-2020 DI SMP ZAINUL HASAN 1 GENGGONG

SAMBUT SANTRI HARI PERTAMA MASUK TAHUN PELAJARAN 2019-2020 DI SMP ZAINUL HASAN 1 GENGGONG

Genggong, 15 Juli 2019 Menjelang hari pertama masuk tahun pelajaran 2019-2020 SMP ZAHA 1 Genggong menggelar sambut santri seluruh civitas akademika.
Ustadz dan Ustadzah SMP ZAHA 1 Genggong berbaris menyambut kurang lebih 500 santri putra maupun putri di depan halaman P5. Acara sambut santri dimulai pukul 06.30 sampai pukul 07.00 yang kemudian dilaksanakan Apel pagi setiap hari Senin.

Kegiatan Apel diawali dengan menyanyikan lagu mars SMP ZAHA, di pimpin oleh sang dirigen Keisya Widara kelas 9E, diikuti oleh seluruh civitas akademika SMP ZAHA.

Sambutan Kepala SMP ZAHA oleh Gus Moh. Haris, M.Kes mengucapkan selamat datang kepada santri baru kelas 7 yang baru bergabung dengan SMP ZAHA. “Ahlan wa Sahlan saya ucapkan kepada santri baru, kalian hadir disini merupakan wujud bagian dari keluarga besar SMP ZAHA” tandas beliau diiringi sorak tepuk tangan dari seluruh peserta apel.

Gus Haris juga menyampaikan bahwa hal pertama yang harus diketahui para santri adalah mengenal pesantren yaitu mengetahui sejarahnya. Beliau sedikit bercerita bahwa pesantren Zainul Hasan pertama kali didirikan pada tahun 1938 oleh KH Zainal Abidin.

Pesan-pesan Gus Haris kepada semua Santri SMP ZAHA bahwa Mondok di pesantren harus diimbangi dengan berkhidmat atau mengabdi, jadi tidak hanya belajar saja, keduanya saling melengkapi yaitu belajar sambil berkhidmat kepada pesantren. Beliau mengutip sebuah pepatah Arab yang artinya “Dengan hormat akan manfaat ilmunya dengan berkhidmat akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT”.
Hal itulah yang membedakan belajar di pondok dengan sekolah di luar, yaitu mengharapkan barokah, barokah para wali terutama Kyai Sepuh di lingkungan yayasan pesantren Zainul Hasan.

“Semoga kalian kerasan di pondok, niatkan untuk belajar dan mengabdi, bersabar dan Istiqomah, serta tercapai cita-cita. Lakukan hal yang bisa membanggakan sekolah, orang tua dan guru-guru. Selamat memulai kegiatan Belajar mengajar dengan hati senang dan iklas” tambah beliau mengakhiri sambutannya.

Setelah sambutan dari KS SMP ZAHA, dilanjutkan pembacaan tata tertib dan SOP santri dan pembagian kelas yang disampaikan oleh Ustadz Ali Jabli, S.Ag

Apel ditutup dengan doa tepat pada pukul 08.00 oleh Ustadz Rosuli, M.Pdi.
Sebelum barisan santri dibubarkan disemarakkan yel-yel SMP ZAHA
Siapa kita ….
SMP ZAHA
Terdepan
Berprestasi
Luar biasa
Yesss

(Vidya Firdaus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *