Home / Kegiatan / Peringati Hari Aksara, SMP Zaha Ajari Warga Calistung

Peringati Hari Aksara, SMP Zaha Ajari Warga Calistung

GENGGONG- Kepedulian SMP Zainul Hasan (Zaha) 1 Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, terhadap dunia pendidikan tak hanya ditunjukkan kepada anak didiknya. Namun, juga terhadap warga yang baru belajar membaca, menulis, dan berhitung (calistung).
Jumat (20/9/2019), SMP Zaha 1 melaksanakan kegiatan tutorial di PKBM Kartini, Desa Satreyan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini digelar juga dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional (HAI).
PKBM Kartini merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan. Khususnya, untuk memberantas buta aksara. Di lembaga yang didirikan oleh Buasin ini SMP Zaha 1 berusaha membantu komitmen pemerintah dalam mengajak masyarakat peduli terhadap penuntasan buta aksara.
Sejauh ini, ada 30 warga yang belajar di PKBM Kartini. Baik laki-laki maupun perempuan. Mereka berusia antara 40 tahun sampai 60 tahun. Para peserta terlihat cukup antusias.
Ada tiga guru dan lima santri SMP Zaha 1 Genggong yang menjadi tutor dalam kegiatan ini. Di antaranya, Ustadzah April, Ustadzah Firda, dan Ustadz Bayu. Sedangkan, perwakilan santri ada Salsia Marsya Zaneta, Fissilmi Kaffah, Adinda Shafira Romadhoni, Rifki Fadilah Romi, dan Abil Abbas Baidowi. Mereka didampingi oleh Pembina OSIS putra SMP Zaha 1 Genggong, Ustadz Achmad Rosuli Zaid.

Mulanya, kegiatan diawali dengan permainan mendidik yang sederhana. Setelah itu, kegiatan tutorial mengajarkan cara menulis oleh Ustadzah April. Sedangkan, ke lima santri mendampingi Ibu-ibu cara menulis dengan benar. Begitu seterusnya dilanjutkan dengan kegiatan membaca dan berhitung.
Kegiatan pembelajaran berlangsung selama sekitar tiga jam. Mulai pukul 07.00-10.00. Usai menimba ilmu, para peserta juga masih mendapartkan hadiah dari tim SMP Zaha 1, berupa sembako. “Walau pun sedikit ilmu, mudah-mudahan kedatangan tim dari SMP Zaha 1 memberikan manfaat bagi ibu-ibu peserta PKBM,” ujar Ustadz Rosuli.
Salah satu penggerak PKBM Kartini Ustadz Afrianto mengaku berterima kasih kepada keluarga besar SMP Zaha 1. Sebab, telah peduli terhadap dunia literasi. “Terima kasih kepada keluarga besar SMP Zaha 1, yang sangat peduli terhadap kegiatan pengabdian masyarakat, khususnya di dunia literasi,” ujarnya.

Peringatan HAI ini digagas oleh Tim Kreatif SMP Zaha 1 Genggong. Kegiatan ini mendapat apresiasi luar biasa dari Kepala SMP Zaha 1, Gus dr. Muhammad Harris. Ketua Tim Kreatif SMP Zaha 1 Genggong, Ustadz Sumaryono juga mengaku senang kegiatan ini berjalan lancar. (vidya_firdaus)
sumber : pzhgenggong.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *