Home / Kegiatan / NONTON BARENG DIHARI PAHLAWAN

NONTON BARENG DIHARI PAHLAWAN

Genggong, Sabtu 10 Nopember 2018.
Momen Hari Pahlawan dijadikan kesempatan untuk meningkatkan minat berkarya. Serangkaian acara dimulai sejak Hari Santri Nasional 22 Oktober 2018 sampai hari ini 10 Nopember 2018, yaitu

  1. Lomba mengarang puisi
  2. Membuat poster dan
  3. Lomba menulis sinopsis.
    SMP Zainul Hasan 1 Genggong menggelar acara tersebut dengan harapan mampu mensukseskan program Negara untuk gerakan literasi Sekolah, yang selanjutnya SMP Zainul Hasan 1 Genggong akan terus berbenah dan memajukan literasi sekolah serta membawa manfaat bagi santri, dewan asatid dan Sekolah.

Lomba mengarang Puisi diikuti oleh sekitar 27 santri dengan mengangkat tema “Bahasa Santri Kedamaian Negeri” . Sebagaimana puisi merupakan suatu gambaran imaginatif manusia dengan kata-kata yang tersusun secara sistematis. Dimana dalam puisi tersebut memuat makna tersendiri disetiap baris/bait yang memadankannya, sehingga menjadi satu kesatuan dalam bentuk tulisan yang sangat indah. Putri Eka (8D) dapat menuangkan imajinasinya dalam puisinya dengan judul “Sang Pendekar” yang kemudian dinobatkan sebagai peraih Juara 1 dalam perlombaan tersebut. Disusul oleh Ananda Risty Khorumatul dengan judul “Suara Hati Santri” sebagai Juara ke II, Kemudian peraih Juara III adalah Raima Latsmi Yunita (8D) dengan judul”Tangisan Santri”

Lomba membuat poster dengan tema “Pemuda Pembangun Bangsa” dilaksanakan pada hari ini juga yang diikuti oleh sekitar 9 Tim dimana setiap timnya adalah perwakilan setiap kelas. Ustadzah Susilowati,S.Pd sebagai juri memperhatikan beberapa ketentuan dalam isi Poster diantaranya adalah kesesuaian dengan tema dan isi Poster tersebut harus menarik, komunikatif dan persuasif.

Lomba menulis sinopsis yang diikuti oleh seluruh santri santriwati SMP Zainul Hasan 1 Genggong dalam judul film dokumenter “Jenderal Soedirman”. Dari film tersebut diharapkan para santri terinspirasi visi besar Jenderal Soedirman untuk bersemangat membangun dan mengabdi pada Negeri.

Kegiatan ini juga sebagai ajang refleksi untuk mengenal dan memahami apa arti dan peran pahlawan dalam memperjuangkan harkat dan martabat bangsa Indonesia, serta menjadi wadah membangun karakter kebangsaan pada santri.

“Momen kegiatan peringatan hari pahlawan diharapkan bisa membangkitkan semangat kepahlawanan para santri SMP melalui keteladanan para pahlawan, sehingga selalu termotivasi utk berprestasi demi sekolah, pesantren dan bangsa ini” ungkap Plt Ustadz Ali Jabli dalam pidato penutupannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *