Home / Umum / Gus Haris : BELAJAR JADI PEMIMPIN, SIAPA TAHU KELAK JADI PRESIDEN

Gus Haris : BELAJAR JADI PEMIMPIN, SIAPA TAHU KELAK JADI PRESIDEN

Genggong, SMP Zainul Hasan 1-Dipenghujung kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2020-2021, diselenggarakan kegiatan Debat Kandidat dan Pemilihan Ketua dan wakil OSIS masa bakti 2021-2022 pada hari Rabu tanggal 06 Oktober 2021.

Debat Kandidat sekaligus Pemilihan Ketua dan wakil OSIS dilaksanakan didua lokasi, yaitu di halaman Gedung SMP putra dan Gedung SMP putri lantai tiga.

Dalam lingkup sekolah, debat dan pemilihan OSIS adalah bentuk wujud partisipasi dari seluruh siswa dalam memilih pemimpin yang bertanggung jawab, dari siswa dan untuk siswa.

Ada tiga pasangan kandidat putra dan tiga pasangan kandidat putri. Setiap pasangan terdiri dari calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS.
Berikut adalah nama pasangan calon putra:
Pasangan calon 1 : Bintang Raamadhani Alallah dan Maulana Habibullah
Pasangan calon 2 : Revandika Aden Virdiansyah dan Abdur Rouf
Pasangan calon 3 : M. Riski Taufiqurrahman dan Gilang Ramadhan

Sedangkan pasangan calon putri adalah :
Pasangan calon 1 : Afni Maulita dan Fica Septia Agustin
Pasangan calon 2 : Eka Nafisah dan Jihan
Pasangan calon 3 : Maghfirotul Presilia Sabila dan Safiratun Jennah

Setiap pasangan calon menyampaikan visi dan misi secara bergantian. Kemudian para panelis memberikan beberapa pertanyaan kepada para Paslon. Para panelis yaitu Ustad Haefi, Ustadzah Rahmawati dan Ustadzah Mila.

Perdebatan sengit antara ketiga paslon saat sesi pertanyaan terbuka, dari peserta debat kepada pasangan calon.
Unjuk kebolehan dalam berbicara, cara menjawab maupun menyanggah oleh dan dari Pasangan calon lainnya.

Ada yang unik dalam acara debat dan pemilihan kali ini, yaitu kostum Paslon dan pendukungnya. Kostum yang digunakan oleh pasangan calon maupun pendukungnya adalah pakaian adat Nusantara. Pasangan calon satu memakai pakaian adat Jawa, pasangan calon dua memakai pakaian adat Papua dan pasangan calon tiga memakai pakaian adat Jawa tengah. Meskipun pakaian tersebut tidak seperti biasanya, namun ada nilai kreatif yang dipakai para santri sebagai aksesoris. Terlebih saat para pendukung menampilkan yel-yel ketika pasangan calon akan berbicara.

Yang menarik lagi dalam perdebatan tersebut yaitu mengenai program unggulan yang dijanjikan oleh pasangan calon nomor satu Afny-Fica yaitu Vertikal Garden. Program yang sangat inovatif menuju SMP Zainul Hasan 1 Genggong hijau. “Jika saya menjadi ketua OSIS, saya akan membuat program dimana ada vertikal garden disetiap teras kelas”, kata Afni salah satu penghuni kelas plus itu.

Kepala SMP Zainul Hasan 1 Genggong Gus dr. Muhammad Haris, M.Kes memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan debat.
“Apapun program kerja kalian akan kami dukung, selama tidak keluar dari koridor pesantren,” tandas Gus Haris.

Kepala SMP Zainul Hasan 1 Genggong juga menyampaikan beberapa fungsi OSIS dan makna yang terkandung di dalam lambang OSIS. Beliau berpesan agar nantinya menjadi OSIS yang disiplin dan bertanggungjawab mensyiarkan sekolah agar lebih maju kedepannya.

Diakhir sambutan beliau juga menyampaikan kepada para santri agar memiliki cita-cita yang tinggi. “Jangan pernah takut untuk bercita-cita, setinggi apapun. Belajarlah menjadi pemimpin, siapa tahu kelak menjadi presiden”, tandas beliau.

Dibalik acara yang sukses, ada orang-orang hebat. Terimakasih atas kerja keras segenap pembina OSIS putra maupun putri, ustad Rosuli, M.Pdi dan Ustadzah Ema priatini, S.Pd.

Tim kreatif
Penulis : Vidya Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *