Home / Kegiatan / 34 SANTRI SMP PLUS ZAHA GENGGONG MENDAPAT BANTUAN KACAMATA SECARA GRATIS

34 SANTRI SMP PLUS ZAHA GENGGONG MENDAPAT BANTUAN KACAMATA SECARA GRATIS

Genggong, SMP Plus Zainul Hasan Sebanyak tiga puluh empat santri SMP Plus Zainul Hasan mendapatkan bantuan kacamata secara gratis dari CBM, Yayasan paramitra dan Komatda Kabupaten Probolinggo. Penyerahan kacamata tersebut dilaksanakan di ruangan terbuka SMP Plus Zaha Genggong pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2020.

Yayasan paramitra adalah sebuah LSM atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang sosial, salah satunya adalah di bidang kesehatan mata. Yayasan paramitra dibawah naungan CBM (Global Disability Inclusion asal Jerman) dan Komatda komite mata daerah Kabupaten Probolinggo memberikan bantuan kacamata gratis kepada siswa-siswi SMP/Mts yang memiliki masalah dengan mata. Baik itu SMP Negeri maupun swasta, salah satunya yaitu SMP plus ZAHA Genggong.

Sebelum kacamata diserahkan kepada siswa, dilaksanakan dua kali pertemuan untuk skrining mata oleh petugas dari puskesmas Pajarakan dan Yayasan paramitra. Yang pertama adalah tes ketajaman penglihatan menggunakan snellen chart. Terkumpul sebanyak tiga puluh empat siswa dengan hasil visus yang berbeda-beda.

Sedangkan pertemuan kedua yaitu tes optik. Yaitu mencocokkan lensa kacamata sesuai hasil visus. Kemudian siswa diberi keleluasaan untuk memilih model dan warna frame sesuai pilihan sendiri.

Selanjutnya penyerahan kacamata secara simbolis dilaksanakan pada hari Kamis 10 Desember 2020. Dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pajarakan yang diwakili oleh Bpk Syaiful, Bapak Fadholi selaku Koordinator wilayah Yayasan paramitra daerah Probolinggo dan Dokter Mia selaku ketua Komatda Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Dokter Mia berharap agar siswa-siswi yang mendapat kacamata gratis menjadi agen of change atau agen perubahan bagi teman-temannya untuk selalu menjaga kesehatan terutama mata. “Saya berharap tolong kacamata ini digunakan untuk hal yang baik, seperti mengaji dan digunakan untuk hal yang bermanfaat lainnya,” ungkapnya.

Kepala SMP Plus Zainul Hasan yang diwakili oleh ustad Komari menyampaikan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada pihak pemberi bantuan. “Pastinya kacamata ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kami,” pungkasnya.

Tujuh perwakilan dari siswa-siswi yang menerima bantuan kacamata gratis mengungkapkan rasa bahagianya. Mereka adalah Bintang Ramadhani, Ahmad Dhani, Mohammad Naufal, Rizal Firdaus, Silvia Savirina dan Hikmatul Maulinda. Kacamata tersebut langsung dipakai.

Penulis: Vidya Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *